Perkenalkan, saya Joan, seorang blogger sekaligus sebagai musisi juga. Coba-coba menulis artikel untuk tips para pemula di bidang blogging. Untuk tulisan perdana ini, I’m gonna tell you about creating blog post series.

Serial Blog Posting

Kalau para newbie udah sering liat program “30 Hari Menulis ABCDEF”, nah itu adalah salah satu contoh serial blog post.

Yes, serial blog post adalah rangkaian blog post yang ditulis dalam frekuensi berdekatan (atau idealnya tiap hari), dalam jangka waktu tertentu (misal, sebulan), dan masih berada dibawah satu tema besar.

Contohnya, kamu bikin serial tentang “30 Hari Menulis Skripsi”, kamu menuliskan kemajuan skripsi yang kamu buat hari demi hari.

Kadang ada juga yang membuat serial ini tidak dalam satu tema, bebas aja, tapi mesti ngikutin dari yang bikin program. Yang terbaru, dibikin sama Kak Adryan tuh kan.

Keuntungan Menulis dengan Strategi Blog Serial

Ternyata, ada banyak lho keuntungan dari menulis blog post serial. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memberi Ide untuk Nulis

Ide untuk blog post biasanya adalah masalah abadi buat para blogger seperti kita. Nah, dengan adanya serial blog post, kita gak bingung lagi, ‘mau nge-blog tentang apa yaaa..’. Kan udah disediain topiknya. Tinggal ngikutin programnya aja.

2. Melatih Kedisiplinan

Yang namanya program 30 Hari ya usahain dong ikut 30 Hari, masa cuma ikut hari pertama dan hari terakhir. Sama aja kayak program diet, cuma dua hari pertama aja yang bisa ngikutin, hari ketiga udah yuk dadah babay~ Lah terus kapan kurusnya dong? Jadi, dengan adanya serial blog post, kita ‘mau ga mau’ dipaksa nulis tiap hari demi mengikuti program ini.

3. Memperbanyak Blog Post

Kalau berani menyebut diri sendiri ‘blogger’, ya blog-nya jangan dibiarin sampai banyak sarang laba-labanya gitu dong. Makanya, serial blog post membantu kita memperbanyak jumlah blog post, dan dari situ, bakal lebih banyak ide berdatangan.

Jika kamu ingin menarik lebih banyak pengunjung, ada baiknya juga untuk diselingi dengan posting video lucu yang bikin ngakak di blog kamu supaya pengunjung merasa lebih sering terhibur.

4. Meningkatkan Pembaca Blog

Jika kita bisa membuat serial blog post yang seru, misalnya Tujuh Hari Tanpa Handphone, Dua Minggu Belajar Membuat Kue, dan lain-lain; pastinya pembaca yang udah baca post hari pertama, akan terus nungguin post di hari-hari selanjutnya. Belum lagi kalau mereka ninggalin komen, wah pasti makin semangat.

5. Melihat Perkembangan Kemampuan Menulis

Menulis secara rutin tentang satu tema besar itu tidak mudah. Kadang juga kita ketemu topik yang “gak banget”. Tapi disinilah tantangannya, kita belajar menulis sesuatu yang mungkin kita gak pernah tahu sebelumnya. Nambah pengetahuan, pasti.

Dan bonusnya, kemampuan menulis kita juga makin berkembang. Selain itu, kita juga bisa membandingkan tulisan kita dari hari ke hari. Mudah-mudahan sih makin informatif dan mudah dimengerti ya.

Wah, ternyata bermanfaat banget ya bikin serial blog post. Setelah baca ini, pasti muncul ide nih buat bikin serial blog post. Share yuk! 😉